KSATRIAN PANDU TRISULA

Kenali dirimu sendiri, maka kau mengenali ruh Pandu Trisula

Tulisan ini saya dasari atas generasi muda yang sekarang sudah semakin jarang mau berpikir. Pemikiran mereka lumpuh karena tekanan2 yang semakin berorientasi pada dunia, kepekaan sosial mereka semakin ditumpulkan sistem2 dan kita semua dipaksa menanggung dosa kolektif dari sistem tersebut. Adik2ku bacalah tulisan ini atas nama Tuhanmu….

Siapa dirimu?
Itu adalah pertanyaan awal yang harus kalian cari jawabannya. Setiap kalian mencari jawabannya niscaya kalian akan menemukan jawaban yang berbeda dengan jawaban sebelumnya. Bagaimana mungkin dirimu yang sekarang bisa sama dengan dirimu di masa depan? Karena sifat dasar manusia adalah bisa berfikir, maka sifat mendasar manusia itu adalah dinamis. Selalu berkembang dinamis yang dipengaruhi banyak faktor — yang nanti akhirnya bisa ke arah negatif maupun positif — dimana jika dirimu tidak mengetahui dirimu yang sebenarnya maka kamu akan jadi manusia yang dengan mudah dikendalikan suatu sistem tertentu, kamu akan menjadi manusia yang tidak mempunyai kemandirian dalam berpikir.
Dirimu adalah apa yang apa yang kamu lakukan dan itu nantinya akan menjadi sifat dasarmu (outside in). Hal ini akan membentuk pola berpikir kalian yang nantinya akan menjadi dasar pemikiran dari perbuatan lahiriyah kalian (inside out). Ini adalah pola siklikal yang tak akan pernah berakhir. Maka kalian bebas mulai dari mana untuk menggali pemikiran2 kalian yang nantinya itu akan berdampak pada tindakan real kalian.

Bersambung….

2 thoughts on “Kenali dirimu sendiri, maka kau mengenali ruh Pandu Trisula

  1. Panuluh Jagat Pangurakan

    hey, I just found this website…. I think this is greathfull, very usefull for impulsing our mind… we can write what on our mind to influence other…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *